Perangkat berbasis Chrome OS, baik berupa Chromebox ataupun Chromebook saat ini cukup mempunyai posisi tersendiri di pasaran. Terlebih adalah Chromebook yang ternyata cukup populer di segmen pendidikan. Sebagian besar perangkat-perangkat Chrome OS yang kini ada di pasaran memakai prosesor berbasis Intel, ada pula sebagian kecil yang menggunakan prosesor ARM milik Samsung.

Namun pada beberapa waktu mendatang, maka kondisi tersebut bisa akan terus mengalami perubahan. Terlebih saat ini banyak pilihan prosesor ARM yang bisa digunakan. Termasuk adalah prosesor dari Rockchip ataupun MediaTek. Khusus untuk MediaTek, mereka baru saja melakukan pengembangan agar prosesornya bisa dipakai pada Chrome OS.

mediatek

Sementara itu Rockchip beberapa minggu kemarin sempat memamerkan sebuah Chromebook yang menggunakan prosesor miliknya. Dalam video tersebut diperlihatkan kalau Chromebook ini memakai prosesor Rockchip RK3288. Sayangnya, hingga sekarang perangkat itu belum secara resmi diperkenalkan kepada publik.

Pemakaian prosesor ARM murah dari Rockchip serta MediaTek ini pun bakal semakin memperkuat daya saing Chromebook dan Chromebox. Terlebih dari sisi harga, pemakaian kedua prosesor ini akan membuat banderol perangkat Chrome OS semakin miring.

Source : beritateknologi.com