Sebuah robot yang bisa digunakan untuk tempat curhat nampaknya bukan menjadi impian belaka. Robot seperti ini pun bisa dijumpai di Jepang, tepatnya sebuah robot bernama Pepper yang merupakan hasil kolaborasi antara perusahaan Jepang Softbank dengan Foxconn dan Aldebaran Robotics.

Robot ini mempunyai kemampuan untuk berinteraksi dengan manusia dengan cara meniru prilaku yang dijumpainya. Tak hanya itu, Pepper juga memiliki kemampuan untuk bisa membaca dan mengerti kondisi emosional seseorang yang berada di depannya. Mereka bisa mengetahui hal tersebut dengan mengamati ekspresi wajah, kontrol suara dan variabel lainnya.

robot pepper

Dengan adanya input-input tersebut, Pepper selanjutnya bisa melakukan analisis karakter orang yang ada di depannya. Setelah analisis dilakukan, maka Pepper akan memutuskan bagaimana mereka akan memberikan raksi. Semakin banyak jumlah interaksi yang dilakukan Pepper, maka semakin banyak pula hal yang dipelajari oleh robot ini.

<iframe width=”700″ height=”394″ src=”http://www.youtube.com/embed/kwMJCAZUyGc?feature=oembed” frameborder=”0″ allowfullscreen>

Robot Pepper ini dilengkapi dengan kamera, mikrooft, sensor 3D, sensor sentuhan serta accelerometer. Kesemua sensor itu diperlukan untuk meningkatkan kemampuan interaksi dan komunikasi robot ini. Robot ini menurut rencana akan dipasarkan secara komersial paling lambat bulan Februari mendatang. Mengenai harganya, Pepper paling murah akan dijual dengan harga sebesar 2000 USD atau setara 23 juta rupiah.