Zaman yang sangat maju dan dipenuhi dengan robot kian mendekat. Bahkan di Jepang, saat ini telah ada dua buah robot yang secara penampilan mempunyai kemiripan dengan manusia. Dua robot tersebut masing-masing bernama Kodomorid dan Otonaroid.

Kodomoroid merupakan sebuah robot dengan penampilan yang mirip seorang wanita muda. Sementara itu Otonaroid mempunyai desain penampilan yang tak jauh berbeda dengan seorang wanita dewasa. Kedua robot ini pun saat telah dipamerkan di National Museum of Emerging Science and Innovation di Tokyo, Jepang.

robot mirip manusia kodomoroid dan otonaroid

Kedua robot ini tak hanya mempunyai desain tampilan yang mirip manusia. Robot-robot itu juga punya kemampuan untuk bergerak dan bahkan berbicara. Tak hanya itu, robot-robot canggih ini juga mampu melontarkan candaan kepada lawan bicaranya.

Ahli robotika Jepang, Hiroshi Ishiguro yang sekaligus merupakan pencipta dari kedua robot itu mengatakan kalau Kodomorid dan Otonaroid mempunyai kemampuan untuk menampilkan emosi. Kedua robot itu bisa menampilkan ekspresi wajah berbeda dan bisa juga mengedipkan mata.

<iframe width=”700″ height=”394″ src=”http://www.youtube.com/embed/Wyl72Re5110?feature=oembed” frameborder=”0″ allowfullscreen>

Untuk membuat kedua robot ini, Ishiguro telah menghabiskan waktu yang sangat lama. Untuk membuat tampilannya, Ishiguro memakai silikon khsusu yang mempunyai tamplan mirip dengan kulit manusia dan berguna untuk menutupi komponen elektronik dari robot.

Source : beritateknologi.com