Pada minggu kemarin, dunia dikejutkan dengan kabar jatuhnya pesawat Malaysia Airlines MH17 di wilayah udara Ukraina. Terlebih dalam pesawat tersebut terdapat 11 warga negara Indonesia yang turut menjadi korban. Dan mengenai peristiwa jatuhnya pesawat ini, nampaknya Pemerintah Rusia tidak ingin menjadi pihak yang dikambing hitamkan.

Bahkan baru-baru ini, sebuah bot Twitter mengetahui adanya aktivitas pengeditan yang dilakukan oleh IP address milik pemerintah Rusia di halaman Wikipedia terkait kecelakaan tersebut. Perubahan tersebut dilakukan pada versi bahasa rusia dari halaman itu.

wikipedia mh17

Pengeditan yang dilakukan oleh Rusia ini cukup singkat. Jika sebelumnya tulisan tersebut mengindikasikan adanya peran yang dilakukan oleh pihak Rusia dalam memberikan dukungan berupa fasilitas militer kepada para teroris di Ukraina, maka kini tulisan tersebut telah berganti menjadi penembakan dilakukan oleh militer Ukraina.

Editing yang dilakukan oleh Pemerintah Rusia ini sebenarnya tidak bisa disalahkan begitu saja. Terlebih penembakan memang terjadi di wilayah Ukraina. Namun teknologi yang digunakan untuk menembak pesawat tersebut dipercaya merupakan milik dari negara Rusia.