Android saat ini merupakan platform mobile terpopuler di seluruh dunia. Di sisi lain, Chrome OS yang juga sama-sama dibuat oleh Google tengah dalam tren yang positif. Dan kini diajang I/O, Google berusaha untuk mengatrol popularitas Chromebook yang memakai Chrome OS dengan menyematkan kemampuan menjalankan aplikasi Android.

Dalam demonstrasinya, Google memperlihatkan kemampuan sebuah Chromebook dalam menjalankan beberapa aplikasi Android. Aplikasi-aplikasi yang dicoba dalam demonstrasi tersebut antara lain adalah Evernote, Vine serta Flipboard yang dijalankan memakai Chromebook Pixel keluaran dari Google.

chromebook android

Pada kesempatan yang sama, Google juga turut memperkenalkan fitur baru lain yang ada pada Chromebook miliknya. Fitur tersebut adalah kemampuan untuk melakukan unlock ataupun lock smartphone Android. Untuk melakukan ini, terlebih dulu harus dilakukan sinkronisasi antara Chromebook dengan smartphone. Bahkan setelah ada sinkronisasi, maka Chrombook bisa menampilkan notifikasi pada saat ada pesan atau panggilan masuk.

Chromebook saat ini memang tengah dalam posisi yang terus merongrong keberadaan notebook Windows, terlebih di segmen pendidikan. Notebook Chrome OS kerap menjadi pilihan bagi para institusi pendidikan karena mempunyai harga yang murah namun kualitas yang cukup baik.

Sumber : beritateknologi.com