Anda telah meng-upload beberapa video ke Youtube. Good! Sebuah langkah awal yang bagus.

Apalagi bagi Anda yang bertujuan mendapatkan uang dari video-video yang diunggah ke Youtube dengan menjadi partner Youtube. Teruskan. Update terus channel Youtube Anda dengan menghadirkan video baru secara rutin.

Namun demikian, tetap diperlukan beberapa langkah agar video Anda ‘laku’ dan banyak ditonton orang. Semakin banyak yang menonton video Anda, semakin besar peluang mendapatkan uang dari Youtube.

Nah, kali ini saya coba berbagi tips sederhana meningkatkan pemirsa atau audiens Youtube Anda, setelah sebelumnya saya juga pernah menulis 8 tool dan sumber penting bagi mitra Youtube. Jika Anda seorang pemula di Youtube, tips ini adalah untuk Anda.

1. Buat video Anda SEO-friendly

Seperti halnya membangun sebuah website atau blog, SEO (search engine optimization) juga dibutuhkan dalam mengelola Youtube. Semakin video Anda mudah ditemukan oleh mesin pencari, semakin besar peluang mendapatkan trafik. Nah, dalam hal ini, judul dan tags video Anda adalah kuncinya.

Pertama, buatlah judul video yang mudah diingat dan SEO-friendly. Jika video Anda merupakan video serial bersambung, cantumkan judul seri, judul episode dan nomor serinya sekaligus pada judul video.

Pertimbangkan pula kesalahan yang mungkin dilakukan orang ketika melakukan pencarian. Sebagai contoh, misal video Anda adalah sebuah tutorial: “cara memasang kotak pencarian di blog”. Maka mungkin orang akan mencarinya dengan mengetikkan: “cara memasang search box”, “memasang searchbox”, “menampilkan kotak penelusuran”, dan seterusnya. Pastikan Anda menuliskan kemungkinan-kemungkinan ini pada tags keyword video Anda.

Kedua, manfaatkan kotak deskripsi dengan sebaik-baiknya. Artinya, beri informasi sebanyak-banyak pada bagian deskripsi tentang video Anda. Tulis semuanya, orang-orang yang terlibat, lokasi pengambilan gambar, dan sebagainya. Cantumkan banyak link yang relevan terhadap video tersebut. Semakin banyak informasi ‘di bawah’ video Anda, maka semakin baik dan semakin besar peluang video Anda muncul dalam pencarian.

2. Buat orang lain tertarik untuk berkomentar dan menyukai

Ajak orang lain untuk berkomentar. Percaya atau tidak, orang akan lebih suka untuk berkomentar, jika Anda secara eksplisit mengajaknya.

Begitu juga ajakan untuk menyukai video Anda. Hal ini penting sekali. Kenapa? Karena setiap saya menyukai sebuah video, aktivitas tersebut muncul di newsfeed. Apa artinya, promosi gratis!

Jika memungkinkan, berikan pertanyaan ringan (juga menghibur) yang mana membuat orang tertarik untuk menjawabnya lewat kolom komentar. Atau Anda bisa secara kreatif membuat bumper di setiap akhir video Anda, yang berisi ajakan untuk me-like dan memberi komentar. Jika dilakukan dengan cukup kreatif dan menyenangkan, Anda akan mendapatkan banyak sekali komentar dan like, yang sangat bermanfaat menambah luas audiens Anda.

3. Buatlah thumbnail yang sangat menarik

Memang setiap Anda selesai mengunggah sebuah video, Anda bisa memilih satu dari tiga thumbnail default tawaran otomatis dari Youtube. Tapi, demi menarik minat pemirsa, saya sarankan untuk membuat sendiri thumbnail khusus.

Anda bisa mengambil satu frame dari video Anda yang paling menarik dan paling bagus dari aplikasi video editing yang Anda gunakan. Setelah itu, edit dengan photoshop. Atur kontras, saturasi warna, dan lainnya agar image tampil sebagus mungkin. Setelah itu upload sebagai thumbnail video yang baru saja Anda upload sebelumnya.

Ingat, aturan dasarnya adalah: menarik, dan jika memungkinkan berisi gambar gadis cantik (sedikit hot juga boleh), hehehe…. Gambar gadis cantik, dalam hal apapun masih bekerja dengan baik.

Lihat saja iklan mobil, iklan rokok, kenapa harus ada gadis cantik -(dan hot)- nya? Tentu saja jika memang relevan dengan video Anda. Tapi, tips terakhir ini, tergantung Anda semua, saya hanya menyampaikan fakta, bahwa gambar gadis cantik hot, menarik begitu banyak mata. Hehehe….

4. Buatlah playlist

Membuat sebuah daftar putar (playlist) adalah sebuah cara yang sangat bagus untuk memilah-milah jenis video yang berbeda pada satu channel.

Selain itu, juga secara signifikan dapat menambah view video. Karena jika ada orang mengklik playlist Anda, maka setelah selesai satu video diputar, akan dilanjutkan dengan memutar video berikutnya. Sebuah hal yang sangat bagus bukan?

5. Manfaatkan anotasi (annotation)

Ini juga harus dimanfaatkan dengan baik. Manfaatkan anotasi untuk mengajak orang menyukai video Anda, atau mengarahkan pemirsa ke salah satu playlist Anda. Anotasi dapat menjadi sumber trafik yang sangat bagus. Jadi, segera buat dan rasakan hasilnya.

6. Buat homepage channel Youtube Anda menarik

Buatlah sebuah image yang menarik dan pasang sebagai cover channel Anda. Ganti secara berkala, seminggu sekali itu bagus. Cantumkan informasi tentang ‘pentingnya’ video terbaru Anda. Bagus jika cantumkan juga ajakan untuk berkomentar dan menyukai video-video Anda.

Intinya, manfaatkan halaman homepage ini sebagai gerbang pertama yang menarik minat pemirsa atau audiens Anda.