da

Hai sobat, kali ini saya akan membagikan informasi penting nih bagi sobat-sobat yang sering nongkrong di depan Laptop/PC sobat. Kali ini akan membahas tentang software, software yang sering sobat Red gunakan itu software Original atau bajakan? Pasti sebagian besar sobat menggunakan software bajakan/palsu kan? Nah di sini Red akan membagikan informasi tentang Software bajakan dan bahaya penggunaannya.

Memiliki PC(Personal Computer) rasanya memang tidak lengkap tanpa software/perangkat lunak yang dibutuhkan untuk pekerjaan, hobi, ataupun media hiburan. Selain menjadi kebutuhan, harga software original memang merogoh kocek yang tidak sedikit sehingga banyak orang dengan pendapatan menengah kebawah menggunakan software bajakan. Tentunya sebagian dari orang-orang tersebut sudah mengetahui dampak dari software bajakan baik yang mereka beli ataupun mendownloadnya di internet dan sebagian dari mereka tidak mengetahui apa-apa mengenai dampak software bajakan.
Sebuah studi forensik yang dilakukan oleh Microsoft sejak tahun 2012 menyatakan bahwa 69% PC yang baru dibeli langsung terinfeksi oleh Malicious Software (Malware) akibat dari menginstall Sistem Operasi Windows bajakan. Sistem operasi merupakan jantung dari seluruh software sekaligus penghubung antara hardware dengan software agar dapat bekerja berdampingan dengan baik, namun sangatlah disayangkan apabila seorang yang baru membeli sebuah komputer/laptop langsung menggunakan sistem operasi bajakan. Ya.. Mungkin keterbatasan biaya katanya, tetapi disamping itu banyak kerugian yang nantinya akan dirasakan tanpa disadari.

Ini saja hanya baru studi forensik yang dilakukan oleh Microsoft untuk sistem operasi buatannya, bagaimana dengan software bajakan lainnya yang dibeli/download dan digunakan masyarakat? Umumnya software bajakan yang dibeli/download biasa menggunakan crack, yang menjadi kemungkinan adalah crack tersebut bisa menjadi celah yang dapat diakses oleh pembuat crack tanpa harus terdeteksi dan menyadarinya karena mereka bisa bersifat Backdoor dan Trojan Horse. Dengan akses tersebut, pembuat crack dapat melakukan apa saja terhadap pc anda, seperti perusakan dokumen dan file penting anda, pengintaian terhadap anda melalui webcame, ataupun mencuri identitas password akun social / akun bank anda, bahkan bisa menjadikan pc anda sebagai komputer zombie untuk penyerangan DDoS.

Banyak orang yang merasa PC-nya aman karena masih dapat bekerja normal, tetapi janganlah begitu yakin jika anda adalah penggemar software bajakan. Tidak semua malware di desain untuk langsung merusak PC Anda. Beberapa, termasuk Trojan Horses dan Backdoors memungkinkan pelaku kriminal mengambil alih PC Anda, yang paling menakutkan, Anda bahkan tidak tahu jika file anda sedang diawasi bahkan mematai anda melalui webcame.

“Kami sendiri memiliki pengalaman meggunakan software bajakan dan baru menyadarinya setelah membaca Piracy Uncovered oleh Microsoft. Dimana akibat rasa penasaran dari penggunaan crack Windows 7 Loader dan Windows 7 Loader Extreme Edition malah membuat Lisensi DVD windows 7 Home Premium OEM menjadi tidak aktif lagi padahal belum sampai 1 tahun pembelian.” Menurut pernyataan Microsoft yang tertera pada Piracy Uncovered adalah 28% PC dengan software bajakan hardisk asli-nya telah ditukar dan memang hanya ini yang menjadi kemungkinannya karena, lisensi sistem operasi windows 7 home premium yang kami beli adalah versi OEM (Original Equipment Manufacturing) System Builder Pack dimana lisensi ini hanya untuk satu komputer/laptop dengan terikat pada keadaan hardware mulai dari pertama terinstal-nya OS tersebut sehingga jika ada hardware yang rusak atau berubah, lisensinya tidak dapat digunakan kembali/hangus.

Tindakan kejahatan cyber memang tidak hanya datang dari software bajakan saja tetapi bisa dari website beracun yang sudah tertanam malware. Untuk menghindarinya jangan menggunakan software atau games dengan crack karena bisa saja menjadi program jahat yang siap menanti pc anda tanpa terdeteksi dan disadari, serta gunakan antivirus dan sistem operasi yang original serta up to date.
Di lansir oleh Wikipedia bahwa  “Peretas sejati menyebut orang-orang ini cracker dan tidak suka bergaul dengan mereka. Peretas sejati memandang cracker sebagai orang malas, tidak bertanggung jawab, dan tidak terlalu cerdas. Peretas sejati tidak setuju jika dikatakan bahwa dengan menerobos keamanan seseorang telah menjadi peretas.” Hmm.. mungkin yang dimaksud menerobos sistem seseorang tanpa etika kali yaaaa?sa

Apakah sobat tetap menggunakan Software bajakan atau ingin beralih ke software Original.? Hmm, ya itu semua ada di keputusan sobat  semua, apakah tetap menggunakan software bajakan yang berbahaya bagi laptop/PC sobat, atau beralih ke software Original tetapi sobat harus merogoh kocek lebih dalam untuk mendapatkannya.