cuaks-steve-jobs

Menghindari matematika adalah salah satu alasan yang cukup sering di temukan pada calon mahasiswa yang ingin mengambil jurusan desain gragis. Saat diberi tahu kalau mereka masih akan bertemu matematika di desain grafis walau dalam aplikasi yang berbeda dari saat mereka sekolah, tetap saja hal ini membuat jiper bagi sebagian siswa. Andai saja para calon siswa ini menyempatkan diri untuk mencari tahu apa saja yang diajarkan di bidang studi desain grafis, tentunya mereka akan menemukan peran hebat seni vektor sebagai salah satu medium yang digunakan dalam berkarya.

cuaks-steve-jobsVektor grafis itu sendiri adalah pencitraan gambar, hasil dari perpaduan bentuk-bentuk dasaar geometris seperti: garis, titik, kurva, poligon, yang didasari perhitungan matematis. Tanpa peran matematika, tak akan ada vektor grafis dan tak akan ada seni vektor.

Kalau kita berbicara seni vektor, harus di ingat bahwa hal ini merupakan percabangan dari seni digital secara tekhnik dan bukanlah aliran seni. Kalau di lihat dari bentuk dasarnya, tidak seperti gambar raster yang mengandalkan pixel berisikan data warna RGB atau CMYK dalam pencintraan, vektor dalam bentuknya yang paling sederhana adalah sebuah garis lurus dari titik A ke B biasa di sebut juga dengan path. Titik-titik lain dapat ditambahkan di garis tersebut, yang kemudian dapat di modifikasi untuk membentuk kurva atau bentuk-bentuk geometris lainnya.

Sejatinya, vektor adalah medium wajib bagi desain peta, logo dan tipografi. Karena sebuah logo harus dapat dibuat dalam berbagai ukuran, mulai dari sekecil di kop surat sampai sebesar baliho di pinggir jalan dan tetap harus kelihatan tajam saat di cetak, sama pula hal nya dengan peta. Hanya dengan menggunakan vektor hal ini mungkin dicapai, karena vektor bersifat solid dan dapat di sekala dengan fleksibel kapanpun tanpa mengurangi kualitasnya. Ukuran yang dihasilkan oleh vektor pun relatif lebih kecil di bandingkan dengan file jenis raster, karena didasarkan dengan perhitungan matematis.

Koordinat dari sebuah path atau shape.

Contohnya : bila membuat sebuah kotak, koordinat empat titik yang membentuk kotak itulah yang disimpan. Bila kotak itu dibuat dengan raster, yang disimpan  adalah informasi fosisi dan warna dari pixel yang membentuk kotak itu.

Dengan vektor inilah, para artis diberikan sarana yang memungkinkan mereka untuk mendesain dengan kreatif dan tetap presisi pada saat bersamaan. Yups, inilah seni vektor.

Vector - Despicable MeAku mengajukan pinjaman penjahat penjahat baru dengan nama Vector. Itu adalah istilah matematika, diwakili oleh panah dengan kedua arah dan besarnya. Vector! Itulah aku, karena aku melakukan kejahatan dengan kedua arah dan besarnya. – “Vector – Despicable Me.

Sejarah

Sejak berkembangnya PC (Personal Computer), terutama Macintosh yang mempelopori di bidang desain grafis, bermunculanlah banyak perangkat lunak atau aplikasi vektor yang cukup berkualitas. Tiga aplikasi vektor yang legendaris muncul dalam waktu yang berdekatan. Adobe Illustrator pertama kali muncul pada awal 1987 dengan kode Illustrator 88, disusul oleh Macromedia Freehand ditahun yang sama, sedangkan CorelDraw di luncurkan pada tahun 1989. Illustrator dan Freehand awalnya dibuat khusus untuk Macintosh, sedangkan CorelDraw khusus untuk Windows. Di Indonesia CorelDraw berkembang lebih pesat dibandingkan dua software itu, salah satu penyebabnya adalah karena harga perangkat keras dengan sistem windows yang lebih terjangkau walau mungkin harga aplikasi nya sama dan mayoritas yang beredar di pasaran adalah bajakan, itu yang membuatnya mudah diakses di Indonesia.

Dari ketiga nama besar aplikasi vektor tersebut, tinggal Illustrator dan CorelDraw yang masih bertahan, sedangkan Freehand sudah dibeli oleh Adobe dan dihentikan pengembangannya, hal tersebut sebetulnya agak disesali banyak grafis desainer, karena bagi mereka Freehand lebih intutif dan lengkap dibandingkan Illustrator yang rasanya lebih teknis. Sampai sekarang masih banyak desainer yang menggunakan Freehand antara lain desainer sekelas Neville Brody, The Designer Repubic dan Barnbrook Design. Industri desain pada umumnya masih mengakui format Freehand bersama dengan Illustrator dan CorelDraw sebagai standard.

Selain aplikasi diatas, masih ada Adobe Flash awalnya dikenal sebagai Macromedia Flash yang termasuk aplikasi vektor sederhana dengan fokus penggunaan pada animasi dan interaktifitas untuk medium web. Sekarang banyak juga bermunculan aplikasi vektor berkualitas, baik dari harga yang cukup terjangkau seperti Lineform di Mac, maupun yang dikembangkan secara Open Source seperti Inkspace yang tersedia di Win, Mac dan Linux. Para perangkat lunak ini walau memiliki kelebihan dari harga dan cukup lengkap fiturnya, masih harus melewati perjuangan panjang sebelum bis diakui sebagai standard industri vektor grafis. Proses pembelajaran penggunaan aplikasi dan dukungan purna jual yang belum prima biasanya menjadi alasan utama.