menjaga kesehatan jantung Tips Menjaga Kesehatan Jantung

Yudhe – Jantung adalah salah satu organ tubuh kita yang sangat penting dan harus dijaga kesehatannya. Di Indonesia, penyakit jantung berpotensi tinggi sebagai penyebab kematian. Maka dari itu, harus lebih ditekankan dalam diri kita tentang betapa pentingnya menjaga kesehatan jantung. Sudah beberapa orang bahkan artis ternama seperti Ade Namnung, Ida Kusumah, Adji Massaid, Benyamin S, dll harus mengakhiri hidupnya karena penyakit itu. Angka kematian karena penyakit ini akan selalu bertambah seiring dengan bertambah buruknya gaya hidup masyarakat.

Berikut ini adalah beberapa tips untuk menjaga kesehatan jantung :

1. Bernafas

Pernafasan dalam dan perlahan akan mengurangi beban kerja jantung, membuat jantung lebih kuat dan berkerja lebih efisien. mendapat cukup oksigen, mencegah hipertensi dan membuat jantung lebih awet.

2. Tidur

Seseorang yang tidur hanya enam jam atau kurang dari enam jam dalam sehari akan beresiko memiliki banyak protein C – reactive yang berkaitan dengan penyakit jantung.

3. Jalan Kaki

Melakukan jalan kaki dengan cepat selama tiga jam dalam seminggu akan menurunkan resiko terkena penyakit jantung koroner 30 – 40 %.

4. Buah

Banyak mengkonsumsi buah akan membuat jantung sehat dan segar. Misalnya kita mengkonsumsi buah pisang yang akan membantu menurunkan darah tinggi dan menjaga otot jantung, atau buah jeruk, melon dan pepaya yang mengandung vitamin C yang baik untuk jantung.

5. Sayuran

Berbagai macam sayuran yang baik untuk jantung misalnya bayam baik untuk kesehatan pembuluh darah arteri, brokoli yang berfungsi sebagai zat pelindung jantung, tomat yang berfungsi menjaga kerusakan pembuluh arteri.

6. Air Putih

Memperbanyak minum air putih lebih dari lima gelas sehari akan dapat membantu memperlancar konerja jantung dan darah lebih kental.

7. Senyum

Senyum dan tawa akan memperlancar sirkulasi darah, mengurangi beban pembuluh darah dan mengurangi penyakit jantung.

Begitu mudah kan cara menjaga kesehatan jantung kita..? Mari mulai sekarang biasakanlah mencanangkan pola hidup sehat dalam hidup kita agar jantung selalu sehat dan semangat.