salah-kaprah-seputar-komputer-yang-sering-terjadiSelama ini, mungkin banyak yang menyangka bahwa CPU atau Central Processing Unit adalah nama bagi perangkat komputer mulai dari casing lengkap dengan dalamannya. Namun, tahukah Anda bahwa ini merupakan salah kaprah?

Dalam bahasa awam, CPU sendiri sebenarnya merujuk kepada prosesor, bukan unit utuh dari kumpulan komponen komputer itu sendiri. Lantas, apa buktinya kalau kita selama ini salah sebut?

Menurut Oxford Dictionaries, CPU sendiri adalah bagian dari komputer yang berperan sebagai pengendali dan pengeksekusi operasi. Webopedia juga menambahkan bahwa CPU adalah otak dari komputer yang mengambil peran untuk melakukan kalkulasi segala aktivitas di dalamnya.

CPU sendiri dalam Bahasa Indonesia sebenarnya diartikan menjadi Unit Pemroses Sentral atau UPS. Namun, UPS sendiri sebenarnya sudah ada dalam istilah komputer asing sebagai Uninterruptible Power Supply, atau unit daya cadangan bagi komputer.

Banyaknya istilah yang sama seperti inilah yang membuat bingung orang awam yang mungkin tak terlalu kenal dengan komputer. Sehingga, banyak yang menyangka CPU kemudian adalah keseluruhan dari perangkat komputer yang terdiri mulai dari motherboard, RAM, heatsink, dan sebagainya.

Terlebih lagi, ahli reparasi komputer yang seharusnya memberikan pemahaman yang baik juga terkesan tak acuh dengan hal ini. Akibatnya, penggunaan istilah CPU untuk mewakili kumpulan unit komputer pun masih dipakai hingga sekarang.